Kutim Kembangkan Aplikasi Digital untuk Permudah Pencari Kerja

Pemerintahan392 Dilihat

KUTIM, LAYARNWS.ID – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) tengah mempersiapkan peluncuran aplikasi berbasis data integrasi untuk mempermudah layanan bagi pencari kerja.

Aplikasi ini dijadwalkan akan diluncurkan pada Januari 2025 sebagai bagian dari upaya Pemkab Kutim meningkatkan efisiensi pelayanan tenaga kerja.

Kepala Disnakertrans Kutim, Roma Malau, menjelaskan bahwa aplikasi ini memungkinkan masyarakat mengurus berbagai layanan tenaga kerja, seperti pembuatan kartu kuning dan administrasi lainnya, tanpa harus datang ke kantor.

BACA JUGA :  Pemkab Kutim Tingkatkan Kualitas SDM Melalui Pelatihan SIRUP dan E-Katalog Versi 6.0

“Aplikasi ini akan mempermudah masyarakat, terutama pencari kerja, untuk mengakses layanan tenaga kerja. Kami ingin mengurangi birokrasi yang rumit, sehingga masyarakat bisa mengurus dokumen administrasi secara online,” ujar Roma Malau, Kamis (28/11/2024).

Selain memberikan kemudahan, aplikasi ini dirancang untuk mempercepat proses perekrutan tenaga kerja dengan sistem yang transparan.

Fitur unggulan aplikasi ini adalah pemindaian barcode atau kode QR, yang menghubungkan data pencari kerja dengan perusahaan secara langsung.

“Dengan pemindaian barcode, data pencari kerja yang relevan dapat langsung diakses perusahaan, sehingga proses perekrutan lebih cepat dan akurat,” tambah Roma.

BACA JUGA :  Diskominfo Kutim Tambah Kapasitas Listrik untuk Optimalisasi Server Induk

Program ini juga bertujuan meningkatkan pengelolaan data tenaga kerja di Kutim. Dengan sistem terpadu, Disnakertrans dapat memantau lowongan pekerjaan yang tersedia di perusahaan, sekaligus merekomendasikan kandidat yang sesuai. (Adv)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar