Masmindo dan BLK Luwu Adakan Pelatihan Welder

LUWU, LAYARNEWS.ID — PT Masmindo Dwi Area (Masmindo) melalui Divisi Human Capital bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Luwu mengadakan program pelatihan pengelasan (welder) bagi warga masyarakat yang berasal dari 6 (enam) desa lingkar tambang di wilayah Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu. Peserta yang umumnya para pemuda ini berasal dari Desa Ranteballa, Boneposi, Tobarru, Kadundung, Tolajuk dan Ulusalu, sebagai wilayah terdekat operasi Masmindo.

Pembukaan pelatihan dilaksanakan pada Minggu 17 Desember 2023 lalu bertempat di Kantor BLK Luwu dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Luwu Ir. H. Saiful Abdul Latief, ST.,MM. Turut hadir sejumlah staf BLK lainnya, dan Divisi Human Capital Masmindo. Program pelatihan welder ini akan berlangsung selama 30 hari ke depan. Materi teori akan diberikan selama 2 hari dan waktu praktek akan berlangsung selama 28 hari, dengan waktu pembelajaran selama 10 (sepuluh) jam.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Luwu memberikan arahan dan juga teori umum seperti prinsip-prinsip dasar dalam pelatihan, cara kerja tenaga pengajar, hingga tips dan trik untuk membuat suatu karya yang tentunya bermanfaat bagi para peserta.

Disampaikan oleh Ir. H. Saiful Abdul Latief, ST.,MM, ”Kami menyambut baik inisiatif Masmindo mengadakan kegiatan pelatihan semacam ini yang akan memberikan manfaat besar bagi peningkatan kualitas SDM setempat. Selain menambah pengetahuan peserta juga akan meningkatkan daya saing mereka dalam hal kesempatan kerja”

Perwakilan Manajemen Masmindo, Senior Officer HC Sofian Buntu, menyampaikan tentang bagaimana tata cara menjadi karyawan profesional yang salah satunya dengan aktif mengikuti pelatihan, serta perkenalan secara umum terkait budaya bekerja pertambangan. Disampaikan oleh Sofian Buntu, ”Di dalam kehidupan tidak ada kata tidak mampu, tidak ada kata tidak bisa, hanya ada mau berusaha atau tidak. Perlu diingat bahwa hasil terbaik tidak bisa didapatkan secara instan, semua memerlukan proses. Niat dan tekad yang kuat disertai kerja keras tentunya akan menghasilkan hasil yang maksimal”.

Pada kegiatan ini para peserta pelatihan  diberikan kesempatan untuk menyampaikan saran-saran yang mungkin bisa dilakukan saat sesi pelatihan berjalan. Sejumlah umpan balik menarik disampaikan peserta. Salah satunya oleh Haidar dari Desa Tolajuk, ” Perhatian Masmindo kepada kami sungguh luar biasa dan ini diberikan dalam bentuk yang nyata.  Saya sangat terbantu dengan adanya program pelatihan ini dan berharap perusahaan bisa memberikan kesempatan yang lebih besar kepada warga di sekitar perusahaan. Kami akan bersungguh-sungguh belajar agar mendapatkan hasil dan bisa diterapkan pada saat bekerja nanti”.

Kegiatan pelatihan semacam ini, terutama yang ditujukan bagi warga masyarakat terdekat dari wilayah kerja Masmindo akan terus dilanjutkan secara bertahap ke depan. Tentunya sangat diharapkan semua peserta pelatihan dapat memperoleh tambahan pengetahuan baru dan meningkatkan keterampilan yang nantinya dapat mereka aplikasikan di dunia kerja (*)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar