Status PKM Warsel Akan Ditingkatkan, Jadi Rumah Sakit Ibu dan Anak

PALOPO, LAYARNEWS.ID  — Status Puskesmas Wara Selatan (Warsel) Kota Palopo, akan ditingkatkan menjadi Rumah Sakit (RS) Khusus Ibu dan Anak. Itu terungkap dalam kunjungan Penjabat (Pj) Wali Kota Palopo, Asrul Sani, Senin (9/10/2023).

Dalam kunjungan tersebut, Asrul Sani meninjau persiapan sarana dan prasarana, serta Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan di Puskesmas tersebut.

Peningkatan status tersebut, diharapkan pelayanan kesehatan di Kota Palopo semakin meningkat, baik itu secara mutu pelayanan maupun sebaran fasilitas layanan kesehatan.

Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani mengatakan, Kota Palopo belum memiliki rumah sakit ibu dan anak, sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo akan merencanakan peningkatan status Puskemas Wara Selatan tersebut menjadi rumah sakit ibu dan anak.

“Pemerintah Kota Palopo sendiri belum memiliki rumah sakit khsusus ibu dan anak, sehingga dengan adanya wacana atau rencana ini tentunya kedepan pemerintah Kota Palopo harus memiliki rumah sakit ibu dan anak,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Palopo, Irsan Anugrah berharap, rencana peningkatan status dari Puskesmas Warsel menjadi rumah sakit ibu dan anak, kiranya dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di Kota Palopo.

“Baik itu secara mutu pelayanan maupun sebaran fasilitas layanan kesehatan,” katanya.

“Diketahui bersama bahwa Kota Palopo itu sudah ada 12 Puskemas, satu UPT Labkesda, satu UPT Jemput Antar (JA), kemudian ada dua rumah sakit, diantaranya rumah sakit tipe C Palemmai Tandi, kemudian ada rumah sakit tipe B RSUD Sawerigading,” tambah Irsan Anugrah.

Hadir mendampingi Pj Wali Kota Palopo dalam peninjauan ini, yaitu jajaran dinas Kesehatan Kota Palopo dan seluruh kepala Puskesmas yang ada di Kota Palopo. (*)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar