Tingkatkan Kualitas Produk UMKM, Pemkot Palopo Gelar Pelatihan Pemberdayaan

Palopo, LayarNews.Id – Asisten Administrasi Umum Setda Kota Palopo, Nuryadin, SH.,MH, mewakili Pj.Wali Kota Palopo menghadiri pembukaan pelatihan pemberdayaan UMKM dan Kurasi Produk.

Kegiatan ini Kerjasama Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palopo dengan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. yang digelar di Auditorium Saokote, Kamis (30/05/2024).

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Supiati, SE.,MM, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi pengembangan UMKM di Kota Palopo.

“Kita ingin mengembangkan dan meningkatkan kualitas produk UMKM, perluas target pemasaran, serta menambah pengetahuan bagi pelaku usaha dan mengembangkan produk agar lebih baik lagi,” kata Supiati.

Supiati melanjutkan, kegiatan ini juga guna mengembangkan wawasan pengelolaan bisnis manajemen dengan pendekatan ritel modern bagi produk-produk lokal.

“Kita berharap ke depan produk-produk lokal juga bisa dipasarkan di toko-toko ritel seperti Alfamart dan sekaligus menjadi mitra,” lanjutnya.

Kegiatan ini, kata Supiati, sejalan dengan visi pemerintah Kota Palopo untuk melakukan pemberdayaan bagi pengusaha kecil yang ingin berkembang.

“Diharapkan setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini, dapat memberikan kontribusi nyata untuk mendukung pemerintah pusat dalam memberdayakan pelaku UMKM agar produk UMKM bisa naik kelas, baik tingkat daerah hingga tingkat nasional,” ujarnya.

Sementara itu, sambutan Pj. Wali Kota Palopo yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Kota Palopo, Nuryadin, SH.,MH, berharap pelatihan pemberdayaan UMKM dan kurasi produk ini, menjadi awal kerjasama dengan pelaku usaha bisnis Ritel.

“Kita berharap Alfamart yang dalam hal ini PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk, dapat menciptakan hubungan saling menguntungkan,” kata Nuryadin.

Peluang kerjasama ini, lanjut Nuryadin, juga diharapkan menjadi alternatif solusi atas permasalahan promosi dan pemasaran produk UMKM di Kota Palopo.

“Selama ini banyak persoalan. Semoga ke depan Kita dapat manfaatkan peluang untuk memperluas pasar produk. Mengingat jaringan bisnis ritel Alfamart telah menasional,” katanya.

Nuryadin berharap kepada Kepala Dinas terkait agar pelatihan ini ditindaklanjuti dengan sungguh-sungguh, direncanakan, dilaksanakan dan evaluasi .

“Saya tunggu laporan implementasi kemitraan UMKM di Palopo dengan Alfamart, serta capaian hasil yang baik,” jelasnya.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Palopo, menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas perhatian manajemen PT. Sumber Alfarya Trijaya Tbk,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Pj. Ketua TP-PKK Kota Palopo, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palopo, Manajer Alfamart, serta tamu undangan. (*)

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar