Sekda Luwu Buka Bimbingan Teknis Penyusunan SOP ADM Pemerintah

Buka Bimtek SOP, Sekda Luwu : Terapkan SOP untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Kepada Masyarakat

LUWU,LAYARNEWS.ID  – Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu, Drs. Sulaiman, MM membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Administrasi Pemerintahan yang diselenggarakan oleh Bagian Organisasi Setda Luwu di aula Kantor Bappelitbangda, Selasa (17/10/2023).

Bimtek SOP Kabupaten Luwu diikuti oleh para Kepala Sub Bagian Program atau yang bertanggung jawab menangani SOP Administrasi pemerintahan dari seluruh OPD dan Kecamatan. Menghadirkan 3 orang narasumber dari Biro Organisasi Provinsi Sulawesi Selatan, yakni Analis Kebijakan Ahli Muda, Achmad Fachruddin, S.IP. MM, Analis Tatalaksana, Aidil Kurniawan, SH dan Reinard Alsius, M.Adm.

Ketua Panitia, Andi Besse Pandangai, SE dalam laporannya menyampaikan tujuan pelaksanaan Bimtek antara lain sebagai penyempurnaan proses penyelenggaraan pemerintahan dan ketertiban dalam penyelenggaraan pemerintah.

Dalam sambutannya, H Sulaiman mengatakan bahwa dalam rangka pelaksanaan kegiatan setiap organisasi perangkat daerah, Standar Operasional Prosedur (SOP) sangat penting dan utama.

“Penting dan Utama karena menjadi dasar, acuan kita setiap memberikan pelayanan kepada masyarakat. Karena penting maka saya berharap para peserta yang ditunjuk mewakili OPD masing masing agar mengikuti bimtek ini dengan sebaik-baiknya agar setelah kembali, dapat memberikan contoh atau menyebarkan informasi yang diperoleh kepada teman teman lainnya di OPD masing masing,” kata H Sulaiman

Menurutnya, SOP juga dapat dijadikan sebagai tolak ukur kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan setiap OPD. Apalagi, sebagai aparatur negara, ASN juga merupakan abdi masyarakat, abdi negara, sekaligus pelayan masyarakat.

“Jadi bukan kita sebagai aparatur negara harus dilayani, tetapi kita yang harus memberikan pelayanan kepada masyarakat, jangan memberikan pelayanan yang membedakan satu dengan lainnya, kita harus melayani sesuai dengan SOP tanpa terkecuali,” lanjutnya

Atas terselenggaranya kegiatan bimtek ini, Sekda mengucapkan terimakasih kepada para narasumber dari Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Bagian Organisasi Setda Luwu. Turut mendampingi Sekda Luwu, Kepala Bagian Organisasi, Andi Hajeratul Aswa Baso, SE. MM.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar